Nih Cara Menerbitkan Buku Paling Tepat, Mulai Dari Konvensional Hingga Kontemporer Versi Ratu Eka Bkj! -->

Nih Cara Menerbitkan Buku Paling Tepat, Mulai Dari Konvensional Hingga Kontemporer Versi Ratu Eka Bkj!

ZuperEka
Thursday, November 26, 2020


Penulis_@Ratu Eka Bkj

Bagaimana cara menerbitkan buku? Maybe, menjadi pertanyaan bagi kebanyakan calon Penulis yang ingin mengawali karirnya di dunia literasi. Nah tepat sekali, Ratu Eka Bkj ingin memberikan tips dahsyatnya buat Anda yang ingin mempublikasikan karya tulis. Apalagi, di era industri 4.0 sekarang ini sangat dipermudah dengan sarana digital. Sehingga, Anda dapat memiliki karya cipta baik itu dengan metode konvensional maupun paling kekinian. 


Cara menerbitkan buku yang banyak digunakan dari dulu yaitu mengirim kepada pihak penerbit. Baik itu berupa Penerbit Mayor, Indie, maupun Self Publishing. Namun, tahukah Anda bahwa di era kontemporer saat ini pun sudah dapat mempublikasikan penulisan dengan cara baru yakni media digital website maupun aplikasi. Baik itu dijadikan sebagai e-book yang dapat didownload, maupun konten yang bisa langsung terbaca di sebuah web ataupun app. Nah, untuk lebih jelasnya langsung simak penjelasan lengkap berikut dari Kami ZuperEka Guys!


Cara Menerbitkan Buku Secara Konvensional, Nih Ketahui Jenis-Jenis Penerbit Beserta Contohnya!


  1. Penerbit Mayor

Tahukah Anda tentang Penerbit Mayor? Ini adalah perusahaan besar atau PT yang bergerak di bidang penerbitan buku. Banyak meluncurkan karya-karya Penulis terkenal secara nasional yang memiliki cabang di pelosok Negeri. Untuk menembus penerbit ini harus melalui perjuangan yang ketat, karena perlu bersaing sehat hingga karya Anda diterima. Mempunyai ketentuan baku sebagai syarat diterimanya sebuah karya, baik itu berupa teknikal maupun isi dan genre. Anda dapat membaca persyaratannya melalui situs resmi per setiap penerbit, serta mengambil alamat email. Ketika penulisan sudah sesuai dengan pakem yang diminta, maka Anda dapat mengirim via email tersebut. Biasanya, bagi pemula yang baru mengirim karya di email penerbit maka sangat jarang dibuka atau dibalas. Karena, pihak perusahaan setiap harinya menerima email ribuan. Editor akan membuka kiriman karya buku ketika email tersebut sudah tidak asing muncul di pesan. Oleh sebab itu, jangan pernah patah semangat untuk terus mengirim file karya hingga dibaca oleh Editor. Triknya, pastikan bagian pembuka dan penutup benar-benar unik dan memukau. Karena, biasanya Editor hanya akan cek di bagian pembuka dan penutup terlebih dahulu ketika Anda masih pemula. Nah, kemudian ketika karya sudah diterima penerbit untuk dipublikasikan maka akan diketahui sistem kerjasamanya. Disini akan Ratu bocorkan bahwa, Penerbit Mayor memiliki sistem dimana Penulis akan diberikan pembayaran buku di awal terbit + bayaran di setiap akhir bulan dari penjualan buku sekitar 10% sampai 15%. Namun enaknya, terkait promosi, launching buku, cetak, editing, desain, perizinan dan lain sebagainya sudah diurus oleh pihak penerbit. Jadi, Penulis hanya fokus menuliskan karya bukunya. Beberapa contoh dari Penerbit Mayor diantaranya: Gramedia Pustaka Utama, Diva Press, Mizan, Grasindo, Bentang Pustaka, Elex Media Komputindo, Gagas Media, Republika, dan lain sebagainya.


  1. Penerbit Indie

Berikutnya, Penerbit Indie merupakan perusahaan kecil atau lokal (CV) yang bergerak di sektor penerbitan buku. Perbedaannya dengan Penerbit Mayor ialah dalam hal sistem. Hanya dengan membayar harga tertentu pada penerbit, maka karya Anda langsung diterima untuk dipublikasikan. Anda bisa memilih bayar penerbitan saja atau sekaligus dengan cetaknya. Jika hanya membayar terbitnya, maka Anda dapat cetak dengan sistem POD (Pay On Delivery). Yakni, membayar cetak di setiap ada pembelian buku Anda. Namun, sayangnya jenis penerbit ini terbilang menyulitkan Penulis. Karena, Anda harus mempromosikan buku sendiri tanpa difasilitasi oleh penerbit. Bahkan, untuk sistem cetak POD pun Penulis hanya diberikan komisi dari penjualan buku sekitar 10% hingga 15%. Sehingga, sangat sulit untuk Penulis mendapatkan keuntungan dari karyanya. Kecuali, Anda melakukan pembayaran cetak banyak atau paketan. Sehingga, bisa menentukan harga jual buku sendiri. Tetapi, Anda harus menyediakan modal terlebih dahulu karena cetak buku berupa paketan memerlukan budget cukup besar. Paling sedikitnya sekitar 2 jutaan. Atau, Anda dapat melakukan tips seperti yang pernah diterapkan Ratu yakni: Mengikuti event penerbit berupa lomba atau saat anniversary, untuk mendapatkan terbit buku gratis. Seperti buku “Aku Adalah Bunga Kaktus” karya Ratu Eka Bkj atau Eka Aprilia, yang diterbitkan Aria Mandiri Publisher di tahun 2016. Dapat fasilitas terbit tanpa harus membayar ke penerbit, karena Ratu saat itu aktif mengikuti event yang diadakan oleh Aria Mandiri. So, beberapa daftar penerbit indie di Indonesia seperti: Aria Mandiri Publisher, Dasta Media, Sembilan Mutiara Publishing, dan masih banyak lagi. 


  1. Self Publishing

Nah, ini pilihan yang paling bisa memberikan kemajuan dan keuntungan lebih untuk para Penulis yakni Self Publishing. Karena, Penulis sekaligus menjadi seorang Pengusaha di bidang penerbitan. Pasalnya, Self Publishing adalah penerbitan yang dimiliki secara resmi oleh Penulis baik berupa PT maupun CV. Sehingga, Anda akan menjadi Pimpinan yang dapat menentukan arah karya sesuai harapan serta mentarget keuntungan dengan tepat. Selain dikenal sebagai Penulis, Anda pun dapat membuka lowongan pekerjaan bagi banyak orang untuk mengurus setiap penerbitan karya Anda. Keuntungan lainnya, Anda akan memiliki otoritas penuh atas karya sehingga tidak dibatasi oleh pihak manapun. Contoh Penulis yang memiliki Self Publishing yaitu: Asma Nadia (Asma Nadia Publishing House). Selain itu, Ratu Eka Bkj atau Eka Aprilia juga pernah melakukan Kerjasama Self Publishing. Artinya, bekerjasama dengan Penulis / Lembaga yang memiliki penerbitan sendiri. Seperti pada karya "Membusuk di Dalam Surga" karya Ratu Eka Bkj atau Eka Aprilia, diterbitkan oleh Magnum Pustaka Utama milik STKIP PGRI Ponorogo pada tahun 2017.


Cara Menerbitkan Buku Sesuai Era Kontemporer, Nih Media Digital Yang Wajib Anda Tahu!


  1. Website

Terdapat tiga jenis website yakni Web Builder, Web CMS, dan juga Web Framework. Anda dapat memilih salah satu untuk development sebuah situs yang fokus dalam menerbitkan karya penulisan. Baik itu dalam bentuk konten maupun e-book. Sebagai Penulis sekaligus Publisher, Anda dapat handle secara penuh atas karya. Untuk penghasilannya, dapat dengan cara memasang jasa penulisan atau monetize iklan seperti: Google Adsense, Adnow, MGID, Propeller Ads, PopAds, RevenueHits, dan lain sebagainya. Sangat tepat bagi Anda yang memiliki keahlian menulis sekaligus Web Developer. Relevan dengan era kontemporer yang serba digital, terlebih banyak orang lebih suka membaca melalui internet ketimbang membawa buku cetak. Sehingga, target market pun lebih efektif.


  1. Aplikasi Mobile

Aplikasi Mobile juga dapat menjadi buku digital bagi karya Anda. Dengan development ini, para Pembaca dapat menjadi User dengan download aplikasi berbasis karya buku Anda di Google Play Store. Apalagi, sekarang banyak orang lebih senang membaca via smartphone ketimbang membeli buku cetak. Sehingga, akan membuat target market Anda lebih efektif dan efisien. Untuk mendapatkan penghasilan, Anda dapat monetize di Google Admob.


  1. Software

Bagi Anda yang mahir programming sekaligus bisa menulis, pun dapat development Software berbasis buku digital. Dengan begitu, para Pembaca buku Anda tinggal menginstall di desktop atau laptop tanpa perlu mencetak secara offline.


  1. Penerbit Media / Portal

Bagi Anda yang tidak memiliki keahlian digital dan hanya bisa menulis, tenang saja. Era kontemporer juga sudah banyak media yang memfasilitasi para Penulis untuk menerbitkan karya secara digital. Diantaranya seperti: Wattpad, Steemit, UC News, Mojok.co, Buzzbreak, IDN App, Babe, Noveltoon, Novelme, Webtoon, Joylada, KBM App, dan lain sebagainya.


Bagaimana, sekarang Anda sudah mengetahui bukan cara menerbitkan buku? Tentunya, dengan tips dahsyat yang diberikan oleh Ratu Eka Bkj di atas dapat menjadi solusi tepat untuk Anda. Sehingga, dapat mempublikasikan penulisan Anda baik memilih cara konvensional maupun kontemporer. Atau, bahkan dapat menggunakan kedua metode tersebut untuk menunjang suksesnya peluncuran karya Anda. Oke Guys, sekian dari Kami ZuperEka dan terimakasih. Jangan lupa, share informasi berharga ini ke semua sosial media kalian dan tinggalkan jejak di kolom komentar!




DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =

0177-01-042715-50-9

EKA APRILIA.... BRI...

0895367203860

EKA APRILIA, OVO