Bagaimana Cara Menulis Secara Produktif? Nih Rahasia Ampuhnya Versi Ratu Eka Bkj -->

Bagaimana Cara Menulis Secara Produktif? Nih Rahasia Ampuhnya Versi Ratu Eka Bkj

ZuperEka
Thursday, February 18, 2021


Motivator_@Ratu Eka Bkj


Cara Menulis - Sebagian besar dari kalian mungkin bertanya-tanya, bagaimana jurus ampuh ZuperEka serta EKA BKJ sehingga bisa produktif dalam menulis sebuah karya. Apalagi, penulisan yang selalu mengutamakan kualitas dan originalitas. Terlebih, konten tulisan yang konsisten menyajikan versi perspektif Ratu Eka Bkj. Tentunya, bukan sesuatu hal yang gampang bagi sebagian orang. Dimana era digital yang serba instan seperti sekarang, banyak Media dan Penulis memilih alternatif dengan rewrite baik secara manual maupun pakai tools. Bahkan, parahnya terdapat pula sebagian orang yang memilih jalan pintas dengan copas


Berbagai alasan mereka mulai dari mengejar kuantitas, supaya cepat dapat traffic, agar segera meraih income, hingga disebabkan rendahnya inspirasi untuk menulis atau writer's block. Nah, tentu itu menjadi masalah yang serius bagi Anda. Mengapa? Karena, dunia Media seharusnya tetap menjaga kualitas dalam berliterasi. Agar, konten yang disajikan benar-benar memberikan manfaat bagi para pembaca. Terlebih, Media maupun Penulis mampu menikmati serta mendapatkan apresiasi sebuah karya original. Sehingga, konten tidak sekedar lewat tanpa makna. Justru dengan mempertahankan versi statement murni, akan banyak menelurkan karya-karya baru yang memiliki citra positif. So, berikut ini Kami beberkan rahasia Ratu Eka Bkj terkait cara menulis agar produktif. Langsung cek Guys!


  1. Peka Terhadap Fenomena

Sebagai Pimpinan Media atau Konseptor dan juga Penulis, peka terhadap fenomena menjadi paling penting untuk membuat seseorang cepat mendapatkan inspirasi. Sehingga, dapat menjadi ide dalam sebuah konten penulisan. Karena, sejatinya berbagai produktivitas yang dihasilkan tanpa batas merupakan sebab dari kecepatan dalam menangkap sebuah kejadian. Baik itu berupa fenomenologis dari sesuatu yang sedang viral dan trending, lingkungan, kritik sosial, maupun pengalaman pribadi. Lalu, bagaimana agar Anda cepat dalam membaca fenomena? Caranya, harus sering observasi atau mengamati setiap kejadian terbaru baik di dunia nyata maupun maya. Selain itu, perlunya mengasah sikap kepo dengan selalu mengajukan sebuah pertanyaan terhadap segala situasi. Dengan demikian, Anda akan tumbuh menjadi orang yang kritis sehingga menimbulkan pemikiran yang filosofis. Nah, itulah faktor yang membuat Ratu Eka Bkj sering kebanjiran ide-ide dalam mengkonsep sebuah penulisan. 

 

  1. Selalu Berfilosofi

Berfilsafat menjadi sikap yang telah dilakukan oleh para Ilmuwan sejak zaman dahulu, sehingga menghasilkan berjuta-juta karya serta teori yang saat ini kita nikmati bahkan dikembangkan. Berfikir secara filsafat artinya seseorang mampu mempertanyakan segala hal yang terjadi. Berfilosofi akan proses terjadinya suatu hal yang menimbulkan sebuah fenomena. Nah, begitupun bagi para Konseptor maupun Penulis yang menjadi penerus para Ilmuwan tentunya sangat penting untuk selalu kritis. Selalu berfikir dan mempertanyakan apapun yang ada di sekitar kita, akan menjadikan seseorang cepat dalam menghasilkan ide-ide brilian. Sehingga, menjadi inspirasi untuk produktif menghasilkan konten penulisan. Contoh pertanyaan filosofis yang dapat Anda ajukan pada diri sendiri seperti: 

"Mengapa Saya ada di dunia ini?"

"Mengapa ada malam dan siang?"

"Mengapa Tuhan harus disembah?"

"Mengapa Saya harus menulis?"

"Mengapa menulis penting buat Saya?"

"Mengapa agama sering menjadi alasan untuk pertikaian antar umat manusia?"

Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang bisa Anda improvisasi sendiri sesuai dengan kebutuhan akan tema konten.  


  1. Melatih Untuk Menginterpretasikan Segala Kejadian & Mampu Mendeskripsikan Dengan Perspektif Maupun Bahasa Sendiri

Mengapa pendidikan serta literasi di Indonesia, Asia, bahkan Timur Tengah lebih tertinggal dibandingkan dengan Eropa? Sebab, Negara Timur Tengah dan Asia cenderung berfikir secara normatif serta dogma (Doktrin Agama). Sehingga, lebih suka menghafal perspektif yang sudah ada serta mengikuti peraturan tanpa mempertanyakan. Nah, hal inilah yang membuat para penerus tidak memiliki otak kreatif, pasif dan cenderung imitatif. Karena, otak kanan serta corpus callosum yang seharusnya diaktifkan justru dihambat. Akibat pola didik yang salah seperti: Mengajari untuk mengikuti pandangan umum, menghafal, pelajar harus mengikuti pengajar secara tekstual, tidak boleh mempertanyakan alasan sebuah ajaran agama, tidak boleh mendeskripsikan sesuatu dengan pendapatnya serta dituntut mengikuti teori yang sudah ada, anti kritik, dan lain sebagainya. So, dengan melatih menginterpretasikan sesuatu hal dengan perspektif, statement dan bahasa sendiri akan membuat otak kanan dan corpus callosum kita aktif dan semakin meningkat. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam mendeskripsikan segala sesuatu. Sehingga, menjadi inspirasi berharga dalam mencetuskan berbagai karya penulisan yang produktif. 


  1. Berkontemplasi Atas Segala Situasi dan Self Talk 

Berkontemplasi, menjadi aktifitas merenung yang menghasilkan produktivitas. Mengapa? Karena, Anda perlu merenungkan segala hal kejadian maupun fenomena lalu mempertanyakannya pada diri sendiri. Yang kemudian, melakukan self talk (Berbicara pada diri sendiri) untuk mendapat jawaban akan segala situasi yang Anda filosofikan atau pertanyakan. So, dengan begitu otak akan terbiasa secara cepat menangkap berbagai peristiwa untuk dijadikan inspirasi dalam membuat berbagai konten penulisan secara produktif. 


  1. Sering Mengajukan Pertanyaan Akan Setiap Kejadian

Dengan mengajukan pertanyaan, tentu Anda dapat menghasilkan jawaban. Nah, itulah prosedurnya untuk menghasilkan berbagai penjelasan akan setiap kejadian. Yang kemudian, menjadi sarana Anda untuk mendeskripsikannya ke dalam konten penulisan. Maka, tidak hayal bahwa ini menjadi cara ampuh Ratu untuk terus produktif dalam menghasilkan karya penulisan. 


  1. Meningkatkan Daya Analisis

Analisa akan membuat kita mampu memahami setiap pernyataan maupun peristiwa. Metode dalam mempertimbangkan segala hal akan bagaimana sisi positif yang akan didapat, dan bagaimana dampak negatifnya. Nah, dengan meningkatkan daya analisis tentunya mendorong Anda untuk membuat konten penulisan secara produktif yang berani dipertanggungjawabkan. Mengapa? Karena, Anda telah menganalisa terkait kegunaan ataupun resiko dari perspektif yang Anda hasilkan dari berfilosofi. 


  1. Perbanyak Riset & Observasi (Meneliti dan Mengamati) 

Observasi dan riset menjadi hal paling urgen dalam menghasilkan ide-ide penulisan. Karena, pengamatan yang kita hasilkan baik dari fenomena akan diolah untuk dijadikan bahan dalam membuat statement. Nah, perspektif tersebut kemudian dianalisis dan masuk ke dalam deskripsi yang kita sampaikan pada konten penulisan. Akan banyak hal-hal baru yang Anda temukan, tentunya dengan memperbanyak aktivitas meneliti serta mengamati.


  1. Meningkatkan Daya Literasi (Membaca yang Tertulis & Tidak Tertulis)

Literasi adalah aktivitas membaca, menganalisa, dan menulis. Membaca akan menjadi sumber referensi untuk kita menelurkan sebuah karya dalam dunia penulisan. Namun ingat, bahwa membaca bukan hanya tertulis saja namun juga yang tidak tertulis. Artinya, membaca buku dan website merupakan aktivitas tertulis sedangkan membaca fenomena dan pengalaman menjadi bacaan yang tidak tertulis. 


  1. Banyak Membaca Fenomena & Membaca Website / Buku  

  2. Membaca dan Berfikir Secara Kontekstual Bukan Tekstual

  3. Mencari Inspirasi di Berbagai Lingkungan 

  4. Membuat Catatan List Ide

  5. Menentukan dan Membuat Jadwal Menulis

  6. Menulis, Menulis, dan Menulis 

  7. Sering Nonton YouTube 

  8. Banyak Minum Kopi & Air Putih 

  9. Menulis, Editing, Posting, SEO, Evaluasi 

  10. Memperkaya Deskriptif, Imajinasi, Narasi

  11. Menajamkan Logika, Rasionalisasi, Intuisi 

  12. Sering Berdiskusi Dengan Diri Sendiri Maupun Dengan Orang Lain 

  13. Sering Mengikuti Seminar 

  14. Aktif Berorganisasi atau Komunitas 

  15. Memahami & Menafsirkan Setiap Pengalaman Hidup 

  16. Mengasah Kemampuan Berpendapat / Membuat Statement & Perspektif 

  17. Wawancara Kepada Diri Sendiri & Kepada Orang Lain 

  18. Memperkaya Diksi

  19. Menulis Sendiri Dengan Jadwal

  20. Atau, Menjadi Pimpinan Media dan Menulis Bersama Crew / Team


Bagaimana Guys, sekarang Anda sudah tahu bukan terkait rahasia Ratu Eka Bkj dapat membuat Media maupun Penulis produktif menulis? Tentu saja, sehingga dapat menjadi cara menulis bagi Anda supaya terhindar dari writer's block. Terlebih, menjadi jurus ampuh untuk Anda menyajikan konten-konten penulisan yang berkualitas dan original. Sehingga, tidak sekedar mengejar kuantitas dan terhindar dari pola pikir instan untuk membuat rewrite atau bahkan copas. Ingat, perspektif asli akan membawa kesuksesan Media serta Penulis yang sesungguhnya. Orang akan mengingat sosok dengan karyanya yang tak lekang oleh waktu. Oke, sekian dari ZuperEka dan terimakasih. Jangan lupa, share motivasi ini ke semua sosial media kalian agar semakin banyak yang mendapatkan inspirasi. Bagi Anda yang memerlukan jasa penulisan, SEO, dan pembuatan website dapat menghubungi EKA BKJ, Solusi Kerjasama!





DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =

0177-01-042715-50-9

EKA APRILIA.... BRI...

0895367203860

EKA APRILIA, OVO