Bagaimana Cara Produktif Kerja Dalam Kondisi Apapun? Nih Tips Ampuhnya Versi Ratu Eka Bkj -->

Bagaimana Cara Produktif Kerja Dalam Kondisi Apapun? Nih Tips Ampuhnya Versi Ratu Eka Bkj

ZuperEka
Tuesday, February 2, 2021

Motivator_@Ratu Eka Bkj


Apakah Anda sering merasa kurang produktif dalam kondisi tertentu, bahkan dalam segala situasi? Tentunya, itu menjadi problem yang cukup urgen untuk segera diatasi. Karena bila tidak, akan menghambat proses penyelesaian tugas dari pekerjaan Anda. Bahkan, bisa berakibat menurunkan kualitas jenjang karir Anda. Apapun alasannya, seseorang dalam mengemban profesinya dituntut untuk selalu sigap. Pasalnya, itu sudah menjadi tuntutan profesionalitas. Apalagi, klien pastinya tidak mau tahu apa alasan yang sedang Anda alami. Yang mereka inginkan, segala pekerjaan dan harapan klien diberikan dengan kualitas terbaik dan tepat waktu. Jika tidak, maka klien akan kecewa dan bisa jadi memutuskan kerjasama dengan perusahaan. 


Entah Anda sebagai seorang Pengusaha maupun Karyawan, tentunya akan mengalami kerugian bila klien tidak puas dengan kerjasama yang disepakati. Baik kerugian dalam segi materil dan menurunnya omset perusahaan, maupun hilangnya kepercayaan yang berakibat pada rekam jejak karir Anda. So, untuk menghindari akibat buruk tersebut maka Anda harus selalu siap untuk produktif dalam segala kondisi. Meskipun tidak disangkal bahwa psikologis manusia terkadang naik turun yang mempengaruhi mood menjadi kurang stabil. Baik disebabkan karena masalah pribadi, tekanan kerja, atau karena rasa bosan yang sedang menghantui rutinitas Anda. Nah, berikut Ratu Eka Bkj berikan tips ampuhnya agar dapat tetap produktif dalam situasi apapun. Selamat membaca!


  1. Buat Jadwal Agenda

Hal pertama yang sangat penting, Anda harus membuat Jadwal Agenda. Mengapa? Karena, ini akan menjadi panduan bagi aktivitas Anda sehari-hari serta sebagai pengingat. Selain itu, dengan membuat jadwal maka kegiatan Anda akan lebih terencana dan produktif. Sehingga, tidak ada ruang untuk menyia-nyiakan waktu yang tidak diketahui manfaatnya. Terlebih, bisa menjadi tolak ukur seberapa Anda produktif pada setiap harinya.


  1. Tulis Semua List Tugas Anda Beserta Deadline, dan Tandai Setiap Sudah Diselesaikan

Pastikan Anda selalu membuat Daftar List Tugas, agar tidak ada yang terlewatkan. Dengan begitu, dapat menjadi pengingat akan tugas-tugas Anda beserta deadline. Sehingga, dapat memperkirakan kapan Anda akan menyelesaikannya sebelum deadline habis. Sangat penting untuk dilakukan, karena seringkali diantara kita lewat deadline karena lupa atau saking menumpuknya tugas-tugas dalam pekerjaan. Kemudian, pastikan juga Anda menandai setiap tugas yang sudah terselesaikan agar dapat menjadi tolak ukur.


  1. Motivasi Diri Dengan Sugesti Positif

Banyak orang sering merasa tidak bergairah melakukan aktivitasnya karena kehilangan motivasi diri. Entah karena merasa kehilangan tujuan dan hanya mengikuti rutinitas, atau bahkan akibat tekanan yang dialami. Nah, dengan menguatkan kembali motivasi diri disertai sugesti positif yang diungkapkan serta diyakini maka bisa menjadi energi positif. Karena, sugesti positif yang diulang-ulang dapat masuk ke alam bawah sadar kemudian mempengaruhi tindakan seseorang. Dengan begitu, antusiasme Anda dalam bekerja dapat kembali. Maka ucapkan, ulang-ulang, dan yakini beberapa kalimat berikut sebagai sugesti positif seperti: 

"Saya Pasti Bisa", "Ayo Semangat, Bisa!", "Saya Produktif, Saya Luar Biasa", 'Saya Antusias, Saya Kreatif, Saya Cerdas dan Saya Pasti Bisa Sukses!"


  1. Ingat Tujuan Jangka Panjang dan Jangka Pendek Mengenai Kenapa Anda Harus Produktif Bekerja

Goal atau tujuan akan sangat penting untuk membuat seseorang memiliki alasan kenapa ia harus produktif bekerja. Dengan begitu, dia akan terpacu untuk semangat dalam menjalani berbagai agenda dan tugas-tugas pekerjaannya. Karena, bila seseorang tidak memiliki tujuan maupun target tentu menjadi bermalas-malasan dalam bekerja. Hal itu disebabkan, dia merasa tidak memiliki makna dan hanya bekerja dengan paksaan atau rutinitas. Oleh sebab itu, pastikan Anda membuat dan selalu mengingat tujuan jangka panjang dan jangka pendek terkait mengapa Anda harus produktif bekerja. 


  1. Lakukan Self Talk

Sudah dipercaya dalam dunia psikologi bahwa, Self Talk menjadi terapi paling ampuh dalam mempengaruhi tindakan maupun perasaan positif seseorang. Self Talk adalah berbicara kepada diri sendiri dalam tujuan positif baik itu sekedar curhat, bertanya pada diri sendiri, sugesti positif, mengucapkan tujuan kepada diri sendiri. Dengan begitu, Anda akan lebih bersemangat dalam mencapai sesuatu yang diharapkan untuk menghadapinya dengan lebih tenang. Contoh kalimat Self Talk:

"Saya hari ini merasa bosan untuk mengerjakan project penulisan buku. Rutinitas di depan laptop membuat Saya terasa menyendiri. Menurut diriku, bagaimana Saya harus mengatasinya? Saya harus ngapain? Apa yang harus Saya lakukan? Saya ingin semangat, Saya ingin produktif menulis banyak buku yang menginspiratif, Saya ingin sukses! Wahai diriku dengarlah keluhan dan harapanku!" 


  1. Lakukan Katarsis

Katarsis dalam dunia psikologi diartikan, suatu tindakan meluapkan emosi untuk mengurangi beban dalam diri. Katarsis dipercaya dapat menjadi terapi yang ampuh dalam mengatasi emosi gelisah, murung, marah, sedih, bosan dan lain sebagainya. Banyak cara untuk melakukan katarsis seperti: Berteriak di pantai atau ruang bebas dengan menyebutkan kegelisahannya, menulis diary pribadi, menuangkan emosinya dalam lukisan, meluapkan emosi dalam cerita stand up comedy, dan lain sebagainya. 


  1. Lakukan Teknik Jeda-Jeda

Maksudnya adalah, teknik membuat jeda istirahat beberapa menit saat sedang mengerjakan tugas pekerjaan. Misalnya: Anda sedang menulis sebuah project buku. Maka di setiap setengah jam, Anda bisa melakukan jeda beberapa menit untuk minum kopi sambil melihat video lagu atau motivasi. Teknik ini sudah banyak diterapkan oleh para Technopreneur dan Penulis dunia yang menuntut bekerja hampir 24 jam. Dipercaya dapat meningkatkan kembali semangat dalam menyelesaikan tugas pekerjaan, dan mengurangi beban kerja. Sehingga, tidak merasa terforsir dalam menuntut produktivitas diri. Selain itu, juga menjadi ajang menambah inspirasi meski dalam posisi masih di ruang kerja atau depan laptop. 

  

  1. Niat Bekerja Untuk Ibadah Karena Tuhan Maha Esa

  2. Tentukan Waktu Yang Tepat Dalam Mengerjakan Tugas Pekerjaan, Waktu Saat Anda Paling Banyak Inspirasi (Pilihlah: Malam, Pagi, Siang, Sore)

  3. Minum Kopi Untuk Menenangkan Pikiran

  4. Mendengarkan Musik Klasik Tanpa Syair, Sebagai Terapi 

  5. Diskusi Dengan Rekan Kerja

  6. Upgrade Potensi Diri

  7. Selingi Dengan Hobi

  8. Banyak Minum Air Putih

  9. Olahraga Ringan Sambil Mendengarkan Musik Beat

  10. Ubah Dekorasi dan Posisi Ruang Kerja, Atau Mencari Tempat yang Nyaman

  11. Carilah Inspirasi 

  12. Menjadwalkan Liburan di Akhir Pekan


Bagaimana, sekarang Anda sudah tahu bukan cara produktif kerja dalam kondisi apapun versi tips dari Ratu Eka Bkj? Pastinya, menjadi solusi tepat bagi Anda yang ingin tetap menjaga performa. Sehingga, dapat beradaptasi dalam situasi apapun untuk terus produktif. Karena, produktivitas dalam bekerja sudah menjadi kewajiban bagi segala profesi. Demi menunjukkan profesionalitas dan rekam jejak karir yang terpercaya dan berkualitas. Oke Guys, sekian dari ZuperEka dan terimakasih. Jangan lupa, tinggalkan cerita Anda di kolom komentar dan share motivasi ini ke semua sosial media kalian! Bagi Anda yang memerlukan jasa penulisan konten, SEO, dan pembuatan website dapat menghubungi EKA BKJ solusi kerjasama!





DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =

0177-01-042715-50-9

EKA APRILIA.... BRI...

0895367203860

EKA APRILIA, OVO